Perlukah IMB Saat Renovasi Rumah

Izin Mendirikan Bangunan atau yang biasa dikenal dengan IMB merupakan salah satu persyaratan di dalam mendirikan sebuah bangunan, namun perlukah IMB untuk renovasi rumah ?? Masih banyak masyarakat kita yang beranggapan bahwa izin mendirikan bangunan (IMB) hanya diperlukan pada saat membangun rumah baru, tetapi sebenarnya, anggapan itu salah karena IMB renovasi rumah ternyata juga dibutuhkan saat kita melakukan renovasi rumah.
Perlukah IMB Saat Renovasi Rumah

IMB renovasi rumah setidaknya baru benar-benar dibutuhkan bila jenis pekerjaan renovasi sudah sampai ke pekerjaan mengubah lay-out ruang, seperti misalnya;

  • Mengubah kamar menjadi ruang tamu, atau;
  • Membongkar tembok untuk memperluas ruang.
  • Penambahan luas bangunan, baik ke atas maupun ke samping.
  • Demikian pula perubahan fasad, walaupun terkesan kecil, mesti memiliki IMB.

Pemeliharaan bangunan seperti pengecatan, penggantian genting dan sebagainya yang tidak berpengaruh terhadap struktur, walaupun bisa disebut renovasi rumah, dianggap tidak perlu memiliki IMB. Kegiatan pembangunan septic tank atau saluran air juga tidak diwajibkan.
IMB renovasi rumah diperlukan untuk memastikan bangunan tersebut sudah sesuai dengan ketentuan yang disyaratkan. Bila bangunan sesuai ketentuan yang berlaku, tentu manfaatnya juga dirasakan oleh masyarakat banyak. Misalnya saja soal sumur resapan, yang kini menjadi syarat mutlak IMB. Jika pembuatan sumur resapan dilakukan oleh seluruh masyarakat pemilik IMB, tentu tidak akan terjadi kekeringan.

Selain sebagai persyaratan renovasi rumah, IMB juga diperlukan dalam transaksi jual beli dan sewa menyewa. Selain itu, IMB juga menjadi salah satu syarat dalam pengajuan kredit, agunan dari bank, ataupun asuransi.

Adapun tahap-tahap proses pengajuan IMB yaitu sebagai berikut :

Tahap I : Penyerahan Dokumen dan surat-surat yang diperlukan
Tahap II : Petugas lapangan akan memeriksa dan mengecek apakan ada masalah di lapangan.
Tahap III : Jika tidak ada masalah dapat langsung membayar di loket
Tahap IV : Pembuatan papan IMB. Papan kuning ini dapat dibuat sendiri dengan mengacu pada ketentuan yang ada atau dapat membelinya di loket.
Tahap V : IMB akan selesai dalam waktu 8 hari kerja setelah pembayaran selesai.

Demikianlah artikel kali ini mengenai perlukah IMB saat Renovasi, semoga dapat menjadi sumber informasi dan acuan di dalam melakukan renovasi rumah anda.
Jika anda memerlukan jasa IMB untuk wilayah denpasar, badung anda bisa hubungi kami disini.

pencarian ke halaman ini:

Comments are closed.