Tips Renovasi Dapur Anda Menjadi Lebih Baik

jasa renovasi dapurDapur adalah salah satu tempat di rumah yang sering diabaikan keberadaannya. Kesan dapur pada umumnya adalah sebuah tempat memasak yang sempit dan lusuh serta kurang terlihat. Jika anda ingin menjadikan dapur anda menjadi lebih baik maka renovasi dapur menjadi salah satu pilihan yang anda ambil. Sebetulnya dapur yang terasa sempit dan lusuh bisa diubah menjadi tempat yang mempesona hanya dengan ide kreatif anda dan tentunya denga biaya yang bisa disesuaikan dengananggaran yang anda miliki. Disini kami akan memberikan beberapa tips untuk anda yang ingin merenovasi dapur anda.

Sebelum mulai renovasi dan menuangkan segala macam ide kreatif anda, menurut kami, hal yang harus pertama kali anda lakukan adalah membersihkan bahkan kalau perlu membuang segala benda yang tidak ada hubunganya dengan fungsi utama dapur yaitu masak memasak. Termasuk juga segala macam peralatan masak yang layak makuk peleburan seperti bumbu dapur yang sudah busuk , peralatan makan yang sudah tidak terpakai dan sebagainya. Namun apabila anda masih merasa sayang untuk membuang wajan yang memiliki kenangan khusus maka tempatkan wajan tersebut diruangan lain bukan di dapur sehingga anda bisa mengekspose kenangan indah tadi. Lagi-lagi menurut para ahlinya, kalau anda gagal di tahap pertama ini maka besar kemungkinannya akan gagal ditahap berikutnya.

Kalau diatas meja dapur masih banyak barang sedangkan lemari dapur sudah penuh maka barang tersebut bisa digantung atau diletakkan pada rak-rak kecil yang bisa digantungkan ditembok. Setelah semua bersih, tertata rapi apalagi harum – karena yang dibicarakan disini adalah dapur kecil – maka yang harus dilakukan adalah menghilangkan perasaan sempit, pengap dan sebagainya yaitu dengan bantuan warna-warna yang terang dan cahaya yang mencukupi.

Untuk warna, anda bisa aplikasikan di tembok, keramik, cabinet bahkan di bagian meja dapurnya sendiri. Yang dimaksud disini tidak berarti harus mengecat ulang atau membongkar keramik sekaligus, anda bisa lakukan bertahap sesuai budget. Misalkan untuk keramik bisa anda gunakan stiker dengan berbagai warna dan motif yang sekarang banyak tersedia. Sedangkan untuk bagian cabinet/lemari dapurnya kemungkinan cukup dengan mengupgrade pintunya saja misalnya dengan dicat ulang atau diberi kaca. Tidak perlu seluruh pintu diberi kaca, mungkin bagian lemari untuk menyimpan bumbu rahasia tidak perlu diberi kaca. Dan masih banyak lagi yang bisa anda lakukan.

Cahaya seringkali hanya diasosiasikan dengan lampu, walaupun tidak sepenuhnya salah tapi kita sering melupakan matahari. Kalau memungkinkan, sebaiknya dipertimbangkan untuk membongkar plafon dan atap diatas dapur sehingga memungkinkan sinar matahari masuk tentunya harus diperhatikan juga jangan sampai anda yang justru terpanggang matahari. Disisi lain apabila anda merasa bahwa lampu yang terpasang sudah mencukupi tetapi masih terasa gelap, coba diperhatikan lagi apakah penempatannya sudah pas demikian juga dengan ketinggiannya.

Selain warna dan cahaya, ada juga beberapa hal lainnya yang perlu diperhatikan misalnya lantai, kalau saat ini lantai anda menggunakan keramik yang berukuran kecil dan dengan motif yang cukup mencolok dengan warna yang cenderung gelap, maka sebaiknya dipertimbangkan untuk mengganti dengan ukuran yang lebih lebar misalnya 40x40cm juga dengan motif yang lebih sederhana dan tidak mencolok juga warna yang lebih muda dan netral.

Seperti biasa, tuliskan dulu ide-ide kreatif anda, perhitungkan dengan matang termasuk biayanya dan kalau perlu buatlah sketsa gambar dapur anda sehingga jelas bagian mana saja yang akan mendapatkan sentuhan ide cemerlang anda. Setelah beres silahkan wujudkan ide-ide anda tadi.

Tetapi bagaimana kalau setelah tulis menulis dan corat-coret diatas masih membuat anda belum yakin maka jalan terakhir adalah merelokasi dapur anda, relokasi disini bisa berarti memindahkan dapur anda ketempat lain atau sekedar membongkar dinding yang selama ini membuat dapur anda tersembunyi. Saya sarankan untuk anda yang memiliki rumah kecil untuk tidak lagi menyembunyikan dapur yaitu dengan cara menggabungkan dapur dan ruang makan dan atau ruang keluarga selain akan “memaksa” anda untuk selalu membersihkan dapur juga akan membuat ruangan secara keseluruhan menjadi lebih lega. Jangan terpengaruh dengan dapur yang harus menggunakan kitchen set, peralatan dapur yang harus layak ditampilkan dan sebagainya yang terpenting dapur tersebut bersih dan tertata rapi sehingga anda sekeluarga menjadi aman dan nyaman.
Terakhir, jangan karena anda merasa cocok dengan dapur yang anda lihat dipameran, majalah atau gambar di internet kemudian dengan serta merta anda terapkan dirumah karena bisa jadi kondisi, suasana bahkan layout ruangan secara keseluruhan belum tentu sesuai, jadi selalu rencanakan semuanya dengan matang, apapun yang anda pilih.

Demikianlah Artikel kali ini mengenai renovasi dapur, mudah-mudahan bermanfaat.

pencarian ke halaman ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *